Thursday, September 8, 2016

Cara Ganti PIN "Cantik" pada BBM (Blackberry Messenger)



Hari ini Awan coba berbagi tentang cara mengganti/custom PIN BBM pada Blackberry, sebernarnya layanan ini sudah lama di releasenya, tapi ternyata hingga Saya share artikel ini masih ada teman2 yang heran dan gak percaya ketika Saya memberi PIN dengan inisial nama A-Satu..hehe..

Lanjut dah, fitur customisasi PIN dimana anda kini bisa mengubah PIN akun BBM anda tak terbatas dengan angka tetapi juga dengan huruf apa saja. Simpelnya kita dapat membeli PIN cantik dari BBM. Seperti yang kita tahu selama ini kita pengguna BBM malah tak bisa memilih PIN dan ketika membuat akun Blackberry Messenger maka otomatis diberi PIN default yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf (Angka 0 sampai 9 dan huruf A sampai F). PIN BBM tersebut juga umumnya hanya terbatas dengan angka dan awalan yang pasti misalnya awalan nomor 2 untuk pengguna BB GSM sedangkan awalan 3 untuk pengguna BB CDMA atau awalan 7 sama 5 untuk pengguna android. 

Namun Saat ini dengan membeli fitur custom PIN, anda bisa memasukan huruf apa saja sesuka anda bahkan sampai karakter (_) ‘underscore dan (-) dash. Untuk jumlah karakternya kita bisa bikin PIN dari 6-8 karakter. Anda bisa memuat semua huruf dan semua angka atau kombinasi angka dan huruf sesuka hati.

Untuk cara membuatnya sendiri pun juga tidak terlalu sulit. Anda cukup berlangganan custom PIN BBM saja. Berapa harganya? ada yang bertanya, loh koq "beli" koq "berlangganan"?, hehe..mw PIN Cantik apa cuman kode default yang acak2an aja hayoo? nah ql mw yang keren ya kudu siap rogoh dompet dikitlah broth n sist. Inget kata pepatah "ada rupa ada harga"!!

Awal-awal di releasenya kalau tidak salah mencapai $1,99 atau sekitar 20rb an per bulannya. Tapi tenang brew..terakhir Awan menggunakan fiture ini hanya IDR 10rb saja koq. Lumayan kan...iya lumayan mahal juga, yasudah ql masih ngerasa mahal mah tunggu aja mungkin 100 tahun lagi harganya turun atau bisa juga gratis..haha...#peace

Bagaimana cara pembayarannya? Untuk pembayaran anda bisa memakai kartu kredit. Nah bagi yang tidak memiliki kartu kredit anda bisa memakai alternatif pembayaran melalui pulsa misal Telkomsel atau bisa juga dengan VCC (Virtual Credit Card) dari Neteller. Silahkan anda browsing di internet cara bikin akun Neteller lalu anda top up saldo Anda. tapi Awan tidak akan membahas yang itu karena Awan sendiri pengguna provider inisial 0856..bla..bla..bla..hehe. jadi untuk Indosat bisa langsung membayar dengan pulsa.

Lantas bagaimana sih Cara Membuat Custom PIN BBM Sendiri? 

Olrait..Olrait..pasti sudah kagak sabar,. untuk kali ini Awan akan coba share dengan menggunakan Blackberry dulu #baseonmyexperience, lain kali baru ke Android.
Sekarang ikuti langkah2 berikut:

Persiapan sebelum custom PIN BBM : 

  • Pertama-tama siapkan secangkir teh pahit, loh koq teh pahit!! ya karna Awan gak suka teh manis, soalnya Awan sudah cukup manis..#gubraaakk..
  • Selanjutnya pastikan bahwa anda sudah punya HP sendiri, kasian ql HP tetangga buat coba-coba..haha..
  • Nah yang ini serius nih HP anda sudah menjalankan aplikasi BBM terupdate (Customisasi BBM saat ini tersedia untuk OS Android, Blackberry 10 dan iOS sudah menyusul) 
  • Lanjut brew, silahkan cariin tuh Applikasi BBM di hadphone anda, ql gak ketemu brarti anda kurang beruntung dan silahkan coba lagi setelah anda ganti HP yang lebih bagus..haha..#peace
  • Setelah anda buka App BBM silahkan lihat gambar berikut:


  • Baik Blackberry maupun Android tidak jauh berbeda, mungkin hanya berbeda tampilannya saja, silahkan pilih "shop" atau "toko", kemudian akan muncul :
  • Pilih Custom PIN / Pilih PIN maka:
  • Silahkan pilih Subscribe / berlangganan
  • Lalu anda akan di arahkan ke proses pembayarannya, dan silahkan di pilih pembayaran yang seperti apa yang anda inginkan setelah proses pembayarannya berhasil maka anda bisa langsung membuat dan memilih PIN yang anda suka. maaf untuk proses ini Awan tidak ada Screenshootnya..hehe.
ini contoh yang sudah berlangganan maka tulisan subscribe menjadi subscribed dan muncul custom PIN yang diinginkan





Jangan khawatir, PIN lama akan tetap muncul dan anda bisa menggunakan salah satunya atau keduanya, tetapi sebagai catatan bahwa Custom PIN anda hanya bisa di invite oleh pengguna BBM yang levelnya sejajar, jadi kalau anda memberitahukan PIN custom anda tetapi teman anda tidak bisa menginvitenya ada kemungkinan bahwa BBM teman anda belum di upgrade ke versi terbaru.
Selanjutnya yang harus diingat, PIN custom atau buatan sendiri ini tidak akan selamanya menjadi milik Anda. Apabila masa subscription sudah selesai, dan anda tidak memperpanjangnya maka otomatis PIN custom tersebut sudah bisa "dibeli" oleh pengguna lain dan anda akan secara otomatis kembali default ke PIN awal. 

Nah jika anda memutuskan untuk berhenti berlangganan anda bisa mengelola akun anda pada elemen Subsribction sebagai berikut : 
Ini contoh untuk pemakai smartphone BlackBerry 10 anda masuk ke aplikasi BlackBerry World, lalu pilih My World dan pilih tab subscribtion maka akan muncul seperti ini:

Silahkan anda pilih Unsubscribe/berhenti berlangganan. 

Sampai disini dulu untuk Cara Ganti PIN BBM pada Blackberry kali ini, selanjutnya untuk Android akan di bahas lain waktu.
Keep Blogging..
Semoga bermanfaat. 


0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting