Rabu, 31 Desember 2008

Wahai Mahasiswa..




















Apa yang bisa diharapkan Bangsa dari Mahasiswa ???.............

Kalau kita mau diskusi tentang mahasiswa sebagai harapan bangsa.... maka pertanyaannya adalah " Apa yang bisa diharapkan bangsa dari Mahasiswa ?..., Mahasiswa yang bagaimana yang menjadi harapan Bangsa itu...!!!Dan masih banyak lagi problem statement yg bisa kita buat untuk bahan diskusi dalam topik ini.
Memang secara teoritis, bahwa mahasiswa yang merupakan warga negara yang "terpelajar" sebagai pewaris dari orang2 terdahulu dalam mengelola bangsa ini ( menjadi pejabat dalam excutive, legislatif dan yudikatif). Namun hal itu tidaklah mutlak... sebab jumlah mahasiswa yg akan tamat sekolah, dgn jumlah orang yang mengelola negara ini, perbandingannya hingga 1 : 500 (lihat saja perbandingan penerimaan kuota pns dgn jumlah pelamar).
sehingga menurut saya mahasiswa dapat menjadi harapan bangsa apabila, nantinya mahasiswa itu setelah tamat,dapat memberikan contribusi yg signifikan kepada bangsa dan negara, walaupun contribusinya itu hanya sedikit..dia tdk mesti menjadi pns, bisa menjadi pebisnis, pedagang, menjadi enterpreneur, yang justru bisa menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.
Ingat itu bisa dilakukannya setelah dia... tamat..
Kalo semasa jadi Mahasiswa Apa yang bisa diharapkan oleh bangsa ?.......
Sebenarnya banyak, selain sebagai fungsi sosial control thd pemerintahan...( yang biasanya di implementasikan dgn demonstrasi....), sebenarnya Mahasiswa dapat berkontribusi, yg sangat signifikan thd kemajuan bangsa dan negara, misalnya.. dgn menghasikan karya-karya yg tepat guna, melakukan riset2 yg menciptakan kemudahan dan dapat membawa kepada kemakmuran rakyat....( memang kedengarannya cukup ideal... dan pesimis ) tapi di negara2 maju universitas sebagai central untuk kemajuan sebuah negara, sbb disanalah tempat dilahirkannya berbagai teknologi2 yg bermanfaat dgn tujuan membantu meningkatkan kemaslahatan manusia.Siapa yg melakukannya :?, Mahasiswa....
Maka nilai mahasiswa itu sebenarnya lebih tinggi dari 500 pejabat yang hanya makan gaji buta... dan gak tahu apa2 utk kerja.
Demikian aja dulu lain kali kita sambung, ... agak emosi juga...nich
Majulah Mahasiswa Indonesia....berikan sumbanganmu kepada Bangsa dan negaramu.
Wassalam
Mari Tingkatkan SDM Anak Bangsa... Demi Kemajuan dan Kemakmuran

0 komentar:

Posting Komentar